Senin, 11 Agustus 2014

Biografi Presiden Soekarno. Presiden pertama Republik Indonesia yang lebih akrab dipanggil Bung karno berasal dari Blitar, merupakan pahlawan Proklamasi bersama dengan Mohammad Hatta. Soekarno lahir di Surabaya tanggal 6 Juni 1901. Ayah Soekarno bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibu soekarno bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno memiliki 3 istri. Istri pertama bernama Fatmawati, Hartini, dan Naoko Nemoto dan kemudian bergati nama menjadi Ratna Sari Dewi.

Kisah Hidup Presiden soekarno
Sejak SD hingga lulus sekolah ia tinggal di rumah Haji Oemar Said Tokroaminoto di Surabaya. Setelah lulus, soekarno melanjutkan pendidikannya di Hoogere Burger School.

Pada tahun 1920 setelah lulus dari Hoogere Burger School, soekarno masuk ke Technische Hoogeschool, yang kemudian berubah nama menjadi ITB sampa sekarang ini. Soekarno belajar disana selama 6 tahun yang kemudian mendapatka gelar Ir pada tanggal 25 Mei. Pada tanggal 4 Juli 1927 Soekarno mendirikan Partai Nasional Indonesia. Tujuannya adalah agar bangsa Indonesia bisa merdeka dan terlepas dari Jajahan Belanda.

Soekarno dikenal Belanda sebagai seorang tahanan yang mampu menghasut orang lain agar berpikir untuk merdeka sehingga ia dianggap cukup berbahaya. Soekarno kemudian diisolasi dengan tahanan elit tujuannya agar tidak bisa mendapatkan informasi yang berasal dari  luar penjara. Selama berbulan bulan di Suka Miskin mengakibatkan Soekarno putus komunikasi dengan teman teman seperjuangannya.

Akhirnya Soekarno mememukan ide, dimana ia menggunakan telur sebagai media untuk berkomunikasi dengan istrinya. Soekarno dibebaskan dari penjara Suka Miskin pada bulan Desember 1931. soekarno dalam pembelaanya membuat judul bernama “Indonesia Menggugat” dimana ia mengungkapkan  bahwa bangsa Belanda sebagai bangsa yang serakah yang telah menindas dan merampas kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dari pembelaanya itu membuat Belanda semakin marah sehingga PNI bentukan soekarno dibubarkannpada bulan Juli 1930. Soekarno ditangkap kembali oleh Belanda dan diasingkan ke Flores dan 4 tahun kemudian ia dibuang ke bengkulu,setelah itu kemudian Soekarno bertemu dengan Mohammad Hatta.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Moh.Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Proklamasi kemerdekaan inilah yang kemudian membawa Ir.Soekarno bersam Moh.Hatta diangkat sebagai Presiden dan Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia.

Tidak banyak yang tahu jika Soekarno pernah menikah sebanyak 9 kali. Soekarno tertarik dengan wanita yang sederhana dan juga berpakaian sopan. Artis Marylin Monroe sangat menyukai kharisma dari seorang Presiden.   

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar